Cara Aman Membuat Password

Password merupakan salah satu elemen yang penting namun kadang masih sering dilupakan oleh pemiliknya karena dianggap sepele dan biasanya takut kalau suatu saat nanti lupa passwordnya.

Password secara umum merupakan data atau tulisan yang berfungsi sebagai otentifikasi seseorang untuk mengakses suatu informasi tertentu dari website, (E-mail, Facebook, Twitter maupun untuk akun pendaftaran grup-grup tertentu sebuah situs dan lain-lainnya)


Password sangat penting karena password bisa diibaratkan sebuah kunci rumah dimana kunci tersebut dipergunakan pemiliknya untuk bisa mengakses masuk dan keluar rumah secara bebas.

Langkah-langkahnya dalam membuat sebuah password:

1. Pilih password yang setidaknya delapan sampai sepuluh karakter. Ini harus cukup panjang untuk mencegah serangan brute force dimana cara kerjanya adalah mencoba setiap kemungkinan kombinasi password sampai benar ditemukan.

2. Pastikan password Anda sulit bagi seseorang untuk menebak. Jangan gunakan nama apapun, termasuk nama login nama Anda, anggota keluarga atau nama hewan peliharaan. Juga hindari menggunakan informasi pribadi seperti nomor telepon, ulang tahun atau tempat kelahiran.

3. Hindari kata-kata yang dapat ditemukan dalam kamus. Dengan ketersediaan kamus online, mudah bagi seseorang untuk menulis sebuah program untuk menguji semua kata-kata sampai mereka menemukan yang tepat.

4. Jauhi karakter berulang atau mudah menebak urutan. Sebagai contoh: 9999999, 12345, atau ABCDE.

5. Memilih password yang merupakan campuran dari angka, huruf dan karakter khusus. Semakin kompleks dan acak ini, semakin sulit akan untuk orang jahat untuk menebak.

Dari uraian diatas sebenarnya cara membuat kombinasi password sangat mudah dan gampang, hanya saja banyak dari kita yang mungkin kadang masih mengabaikannya.


Berikut cara membuat kombinasi password yang gampang, mudah diingat tetapi aman dari gangguan tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

1. Langkah pertama adalah buat nama password yang mudah diingat
Contoh : nama kota kelahiran, nama hewan peliharaan, ataupun nama orang yang Anda anggap istimewa.

2. Jika Anda sudah mendapatkan nama yang mudah diingat, usahakan panjang dari nama tersebut lebih dari 10 karakter. 

Contoh : padang (6 karakter) kurang dari sepuluh maka password dianggap kurang aman dan harus mengalami perubahan, harus diubah menjadi kotapadang (10 karakter), password dianggap sudah bagus.

3. Langkah selanjutnya adalah Anda harus memasukan kombinasi huruf besar (uppercase) dan huruf kecil (lowercase), contoh : KoTaPAdanG

4. Selain mempergunakan kombinasi huruf besar dan huruf kecil, password juga harus memiliki kombinasi angka. Contoh : K0TaP4daNg

5. Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah menambah simbol ataupun karakter khusus seperti (!, @, #, $, %, ^, &, *, (, ), -, +, /, =, ?, dan lainnya).
Contoh : K0T@p4dan9

Nah dari kriteria diatas, sekarang Anda dapat mencoba membuat atau memperbaharui password yang ada dengan langkah-langkah diatas.

Semoga bermanfaat.....



Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda. Untuk mengetahui tata cara berlangganan blogamka lewat email Anda, silahkan klik disini



Artikel terkait...



2 comments:

Ferdi said...

memang banyak yang menypelekan pasword termasuk saya, kadang satu pasword untuk semua akun..

makasih sharingnya om.

amka said...

tapi bisa jg semua akun satu password, cuma ya harus passwor yg memang sangat spesifik tp mudah diingat....

Post a Comment