Cara Meningkatkan Keamanan Facebook Dengan HTTPS

Istilah yang sering terdengar di telinga kita adalah pembajakan akun facebook. Banyak respon dari para pengguna situs jejaring sosial yang saat ini bisa dikatakan paling populer di dunia bahkan menempati urutan ke 2 alexa setelah google.com, mulai merasa kesal, benci, kuatir bahkan sampai penutupan akun facebooknya.
Agar anda tidak terlalu kuatir dan was-was dengan hal ini ada beberapa trik untuk keamanan akun facebook anda. Caranya:

Pertama: Jangan ceklist tanda biarkan saya tetap masuk (keep me logged in) dibawah tulisan email kita sewaktu kita akan login di facebook, apalagi jika komputer yang kita pakai untuk bersama terutama di warung internet/warnet.


Kedua: Setelah selesai atau keluar browsing di internet atau menggunakan facebook, jangan lupa untuk menghapus jejak history dengan cara klik Tools lalu klik Clear Resent History, setelah terbuka jendela Clear All History letakkan Everything pada kotak dialog time range to clear, kemudian klik Clear Now, (pengaturan ini jika anda memakai Mozilla Firefox). Maka setiap jejak browsing kita akan terhapus.




Ketiga: cara berikut adalah untuk menghindar dari kasus pembajakan tersebut secara aman. Yaitu dengan menggunakan mode https:.

Apa bedanya https dan http?
Perbedaannya adalah pada http, setiap transaksi berlangsung dengan text murni. Sedangkan dengan https, transaksi berlangsung menggunakan enkripsi. “S” pada https artinya “Secure”.

Tentunya dengan mode ini maka komunikasi yang berlangsung lebih aman. Satu satunya kelemahan adalah anda akan merasakan penurunan kecepatan. Ini dikarenakan adanya tambahan proses enkripsi dan de-enkripsi pada komunikasi antara komputer kita dengan server.

Facebook, akhirnya bisa kita gunakan pada mode full https. Sebelumnya mode https penuh hanya bisa jika kita menggunakan extension firefox seperti boost for Facebook. Namun untuk menggunakan mode full https ini merupakan pilihan dan kitalah sebagai pengguna yang mengaktifkannya.

https merupakan kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Bisa juga dikatakan sebagai protokol untuk menjelajah secara aman dengan memadukan teknologi SSL (Secure Socket Layer) dan TLS (Transport Layer Security) untuk mengautentifikasi user secara pribadi dengan menerjemahkan rangkaian cryptography.

Berikut langkah-langkah setting pada Facebook:
1. Login dahulu ke Facebook, setelah anda masuk diberanda facebook, lalu klik menu Account lalu ke Account Settings.



2. Pada Tab Settings pilih Account Security. Setelah itu ceklist Secure Browsing (https)




3. Klik Save untuk menyimpan pengaturan. Sekarang akun Facebook Anda akan lebih aman dengan pengaturan https tersebut.

Artikel terkait...



5 comments:

Erianto Anas said...

wah... kenapa baru sekarang mempublih tulisan ini mas Amka? Bermanfaat sekali. Makasi sharingnya.

amka said...

soalnya kemaren baru ada kasus dari beberapa teman, ya kujawab lewat posting ini...,

eko said...

bagus mas tulisanya ...sebenarnya masih banyak lagi seh untuk meningkatkan keamanan yaitu jangan online di warnet hahahaha...just kidding mas saya juga ada artikel tentang ini salam kenal mas dibaca.net

cyber-link said...

hal yg sepele ini di posting tapi sih ,emang yg sepele itu yg berbahaya..nice share gan!!!

amka said...

silakan di share....mas cyber.... salam sukses

Post a Comment