Corvert File Excel 2010 Ke File PDF

File Portable Document Format atau yang sering disebut file PDF adalah salah satu bentuk format file yang digunakan untuk tujuan kemudahan sekaligus keamanan dokumen.

Sebuah file yang telah diubah (dikonversi) menjadi format PDF yang tidak mudah untuk diedit. Selain itu sesuai namanya, portable format, file jenis ini sangat simpel atau sederhana dan ukurannya lebih kecil dari file asli atau dari sumber sebelum dikonversi.

Kali ini saya akan mencontohkan cara mengkonversi file Excel 2010 ke format PDF.

Buka dile Excel (workbook) yang ingin Anda konversi menjadi PDF.


Kemudian klik ribbon File, lalu klik Save & Send dan klik menu Create PDF/XPS Document.


Setelah itu klik tombol Create PDF/XPS.


Selanjutnya muncul kotak dialog Publish as PDF or XPS dan beri nama file atau dapat juga secara default sesuai nama file Excel-nya.


Jika Anda ingin melakukan pengaturan sebelum dijadikan file PDF, Anda dapat mengklik Options…


Pada kotak dialog diatas Anda dapat mengatur halaman yang akan di konversi, memilih apa saja yang akan dipublikasikan dari worbook, lalu klik OK.

Selanjutnya tekan tombol Publish tunggu proses selesai maka file PDF sudah dapat Anda buat.


Catatan: Jika Anda menggunakan Excel versi 2007, maka fasilitas untuk konversi langsung ke PDF tidak ada, maka Anda harus Download dan Install program konversi PDF disini.



Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda. Untuk mengetahui tata cara berlangganan blogamka lewat email Anda, silahkan klik disini



Artikel terkait...



3 comments:

Anonymous said...

kalau dalam beberapa sheet bisa ga di gabung jd satu di pdf'nya?

blogamka said...

bisa saja, caranya dengan mengaktifkan semua sheet lalu konvert ke PDF

Anonymous said...

kalau dalam beberapa sheet yang beda ( tabel, garis, dll ) untuk bisa dijadikan satu pdf agar pdf nya ga berantakan gimana ?

Post a Comment