Customize Status Bar Pada Excel

Status bar pada program-program windows sangat berguna dalam penyampaian informasi kepada user tentang apa yang terjadi pada program yang dijalankannya.

Pada Excel Anda dapat menggunakan status bar untuk menampilkan informasi yang dikehendaki, biasanya status bar digunakan untuk menampilkan status terkini pada cell yang sedang aktif. Misalnya: Ready, Enter, Edit dan lainnya.

Namun hal pasti adalah bahwa status bar tersebut secara standar status bar mungkin kurang optimal untuk suatu pekerjaan yang sedang Anda kerjakan dan biasanya sering terabaikan.

Nah kali ini sebaiknya Anda juga dapat memperhitungkan fungsi status bar sebagai sebuah informasi yang berguna dalam mengolah sebuah data Anda.

Caranya adalah dengan memaksimalkan fungsi status bar tersebut dan mengaktifkan semua fungsinya sehingga ada informasi yang barangkali tidak perlu Anda mencarinya dengan sebuah rumus sederhana atau dengan fungsi lainnya hanya dengan cukup melihat pada status barnya.

Cara menggunakannya:

Buatlah contoh data seperti berikut


Klik kanan pada status bar disebelah bawah, lalu lihat fitur apa saja yang belum di checklist (centang) yang mungkin Anda perlukan.


Setelah itu blok semua data yang telah Anda buat dan lihatlah pada status bar yang ada


Maka Anda akan mendapatkan informasi di status bar diantaranya:
Rata-rata (Average)
Jumlah data (count)
Jumlah nomor (Numerical Count)
Nilai minimal (Min)
Nilai Maksimal (Max)
Jumlah data (Sum)


Sehingga dengan diaktifkannya vitur diatas Anda akan menemukan data tersebut tanpa harus mencari dengan formula atau rumusnya.



Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda. Untuk mengetahui tata cara berlangganan blogamka lewat email Anda, silahkan klik disini



Artikel terkait...



2 comments:

Erianto Anas said...

Maaf mas Amka komen saya oot nih.
Cuma ingin mengucapkan selamat saja atas sudah ada Favicon atau brand image Blogamka.

amka said...

Mas EA bisa z..., dah lama tidak buka grafis ya akhirnya buat brand z...

Post a Comment