Memberikan Komentar ke Dalam Sel

Pada aplikasi Microsoft Excel, kita juga dapat memberikan komentar ke dalam sel tertentu, sehingga muncul keterangan saat mengarahkan kursor mouse pada sel tersebut.

Kegunaan komentar ini karena kadang sebuah data yang dibuat perlu diberi penekanan khusus, biasanya komentar ini untuk memberikan arahan atau peringatan kepada kita saat data tersebut membutuhkan rambu-rambu seperti harus memasukkan rumus, atau data kusus.

Caranya membuat komentar pada sel adalah:
1. Pilih sel yang akan diberi komentar, lalu klik kanan pada mouse dan pilih Insert Comment.


2. Lalu isikan komentar yang diinginkan terhadap sel tersebut.

3. Disebelah kanan sel yang telah diberi komentar, akan muncul akan muncul kotak dialog komentaryang diisikan.


Pada saat keadaan normal maka komentar tidak akan kelihatankarena tersembunyi. Namun pada sel yang diberikan komentar terdapat tanda segitiga kecil deisebelah kanan atas sel. Jika kita mengarahkan kursor mouse pada segitiga tersebut, komentar akan kelihatan.

Untuk menghapus komentar yang telah dibuat, kita hanya mengklik kanan sel tersebut lalu klik Delete comment



Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda dan kerahasiaan email Anda dijamin. Untuk mengetahui tata cara berlangganan blogamka lewat email Anda, silahkan klik disini



Artikel terkait...



3 comments:

DEDIE said...

Ketika suatu cell berisi angka-angka namun terformat sebagai text, maka pada sebelah cell tersebut muncul semacam peringatan yang ditandai dengan tanda seru (“!”), dan untuk melakukan konversi , seleksi semua cell yang dimaksud, klik pada tanda peringatan yang berada disebelahnya dan pilihlah Convert to Number.

Tapi di Excel 2007 saya knapa tidak muncul tanda seru (“!”), mohon informasinya

amka said...

Coba klik Office Button, Excel Options, lalu klik Formulas, kemudian pada Error checking rules, apakah pada menu Number formulatted as text or precende by an apostrophe –nya tercentang, jika tidak mohon dicentang, standar di Excel 2007 yang tidak tercentang hanya Formulas referring to empty cells.

magical code said...

untuk mempercantik tampilan comment, aku sudah bikin add-in, silahkan download di blogku aremacracker.blogspot.com

Post a Comment