Cara Mengatur Indentasi Pada Word

Pengaturan indentasi atau penggeseran paragraf baik ke kiri maupun ke kanan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Masing-masing cara mempunyai fungsi sesuai dengan tujuan dan variasi pekerjaan yang dilakukan.

Cara-cara tersebut adalah:

1. Melalui grup Paragraph pada ribbon Home

Anda dapat langsung menekan tombol Decrease Indent dan Increase Indent yang terdapat pada grup Paragraph (ribon home) untuk menggeser paragraf ke kanan atau ke kiri.


2. Melalui grup Paragraph pada ribon Page Layout

Cara sebelumnya, pengaturan indentasi tidak dapat diatur ukurannya. Namun melalui grup Paragraph yang terdapat pada Page Layout, Anda dapat mengatur sendiri


3. Melalui Kotak Dialog Paragraph

Jika ingin melakukan pengaturan paragraf lebih lanjut, caranya dengan mengklik anak panah (tooltip) pada grup paragraph untuk memunculkan kotak dialog Paragraph.


Sehingga akan muncul kotak dialog Paragraph seperti berikut:


Keterangan:
Left, jarak indentasi dari margin kiri
Right, jarak indentasi dari margin kanan
Special, indentasi khusus sesuai dengan pengaturan yang kita lakukan sendiri, terdiri dari None (meniadakan indentasi khusus), First Line (indentasi kiri hanya untuk paragraf pertama saja) dan Hanging (untuk membuat indentasi gantung)

4. Melalui Ruler

Selanjutnya Anda juga dapat melakukan pengaturan secara manual melalui ruler. Tentu saja rulernya harus diaktifkan terlebih dahulu yang dapat dilihat pada ribbon View.
Selanjutnya seleksi paragraf yang ingin diubah indentasinya, lalu geser indentasi sesuai yang diinginkan menggunakan pointer mouse, seperti gambar berikut:




Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda dan kerahasiaan email Anda dijamin



Artikel terkait...



3 comments:

adhika pratama said...

fungsinya untuk apa itu ????? saya ada pr nih tapi saya nggak tau fungsi nya untuk apa

am ka said...

gunanya agar pengaturan paragraf lebih gampang dan akuran dalam membuat naskah yg berhubungan dengan indentasi

hendi said...

sep..sep..perlu dicoba ne..

Post a Comment