Mengatur Format Otomatis Saat Mengetik

 Ms. Word secara otomatis akan memberikan format pada naskah yang Anda ketik, dengan pengaturan format tertentu yang telah Anda atur sebelumnya melalui AutoCorrect Options.

Caranya:

1. Klik Office button lalu Word Options (pada word 2007) atau File lalu Options (pada word 2010),


2. Kemudian klik Proofing dan klik AutoCorrect Options

3. Lalu klik AutoFormat As You Type

Berikut beberapa pengaturan format yang dapat dilakukan oleh AutoFormat As You Type:

Fractions (1/2) with fraction character (½) yaitu mengubah penulisan pecahan 1/2 menjadi ½

*Bold* and _italic_ with real formatting yaitu mengubah teks yang diapit dengan tanda * menjadi tebal, sedangkan jika diapit dengan tanda - maka teks akan tercetak miring.

Ordinals (1st) with superscript yaitu mengubah secara otomatis penulisan 1st menjadi 1st

Hyphens (--) with dash (-) yaitu membuat garis tunggal dengan cara mengetikkan tanda karakter minus (-) sebanyak 3 kali dan tekan Enter. Sedangkan untuk membuat garis ganda ketik tanda sama dengan (=) sebanyak 3 kali dan tekan Enter.

Built-in Heading styles yaitu mengubah teks yang ditulis dengan huruf kapital, diteruskan dengan menekan tombol Enter (2 kali), maka teks tersebut akan berubah menjadi lebih besar dan tebal.

Automatic bulleted lists yaitu mengubah setiap paragraf yang diawali dengan karakter "o" atau "*" akan menjadi bentuk paragraf bullet setelah Anda menekan tombol Enter.

Automatic numbered lists yaitu mengubah setiap paragraf yang diawali dengan angka atau huruf (dibelakang angka/huruf diberi tanda titik) akan menjadi bentuk paragraf nomor setelah menekan tombol Enter.

Tables yaitu jika Anda mengetik +---+---+, maka secara otomatis setelah Anda menekan tombol Enter akan berubah menjadi tabel yang terdiri 2 kolom dan 1 baris.



Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda dan kerahasiaan email Anda dijamin



Artikel terkait...



1 comments:

Irisan Senja said...

terima kasih.. manfaat sekali

Post a Comment