Menentukan Aplikasi Default Pembuka Pada File

Setiap file yang tersimpan pada komputer mempunyai ekstensi yang berbeda-beda, kegunaan dan spesifikasi juga berbeda-beda, sehingga program aplikasi untuk menjalankannya pun bisa berbeda.

Mungkin Anda pernah mengalami suatu aplikasi musik seperti mp3, ketika di klik ganda file tersebut terbuka tetapi player defaultnya bukan Winamp, tetapi Windows Media Player, atau file sebuah gambar/foto setiap di klik ganda yang terbuka dengan aplikasi Windows Foto Viewer, Paint dan bukan Microsoft Office Picture Manager seperti yang diinginkan.

Hal ini kadang terjadi karena kesalahan istalasi yang Anda pilih meminta defaultnya sebagai pembuka utamanya atau instalasi yang kurang sempurna, atau secara tidak sengaja anda menjadikan default software-software tersebut sebagai pembuka.
Untuk menentukan default file pembuka, Anda sebenarnya dapat menentukan sendiri sesuai keinginan sendiri, tetapi dengan syarat harus sesuai juga dengan program aplikasi yang disarankan.

Dalam contoh ini saya menggunakan file .JPG, anda bisa terapkan pada file lain untuk mencobanya. Untuk mengubah (menentukan) software default sebagai membuka file, dapat lakukan langkah-langkah berikut:

1. Buka windows explorer, lalu cari file gambar/foto yang akan Anda ubah default pembuka programnya.



2. Klik kanan pada file gambar/foto tersebut, Pilih Properties lalu pada Open With pilih Change


3. Pilih aplikasi yang Anda inginkan sebagai default pembuka, jika aplikasi yang anda inginkan tidak ada dalam list pada recommended programs, Anda dapat gunakan tombol Browse, untuk mencari aplikasinya lainnya dalam program files. Jika telah ditentukan klik OK


4. Sekarang jika mengklik ganda(double klik) file gambar/foto tersebut di windows explorer maka secara otomatis akan dibuka oleh aplikasi yang telah Anda tentukan sendiri.


Cara ini juga berlaku untuk beberapa ekstensi file yang lain. Selamat mencoba....



Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda dan kerahasiaan email Anda dijamin. Untuk mengetahui tata cara berlangganan blogamka lewat email Anda, silahkan klik disini



Artikel terkait...



3 comments:

Anggi Febrianto said...

maksih omm tutorial nya

Aplikasi said...

Susah nentuinnya mas, tetapi dengan membaca artikel ini saya jadi ngerti step by step,, makasih banget ya :)
default pembukanya memang agak rumit hehehe
Oh ya buat referensi saja nih mengenai aplikasi moga bermanfaat :)
Tips Memperbaiki baterai leptop
Aplikasi baterai android
Film Kuliah online
Video dubmash Flash acer
Battlefield4

Zainal Anbiya said...

Simpel tapi sangat membantu...terima kasih banyak...sukses selalu

Post a Comment