Pada saat melakukan cut atau copy, data tersebut akan berada di dalam penampungan Excel yang biasa dikenal dengan nama Clipboard. Ketika melakukan paste, objek-objek yang berada di dalam clipboard akan dipindahkan ke tempat melakukan paste.
Apabila kita melakukan kegiatan paste berkali-kali, objek yang ada di dalam clipboard tidak akan hilang, kecuali mengganti objek tersebut dengan melakukan cut dan copy terhadap objek yang baru.
Fitur Clpiboard pada Excel dapa diaktifkan dengan cara mengklik tombol tooltip (tanda panah kecil) yang berada pada grup clipboard di ribbon Home.
Setelah fitur clipboard diaktifkan, objek-objek yang di cut atau di copy akan masuk ke dalam clipboard. Selanjutnya kita tinggal memilih objek mana yang akan digunakan.
Setelah tampil office clipboard, maka kegunaan menu tersebut adalah:
Menu pengaturan Office Clipboard
1. Show Office Clipboard Automatically; menu ini digunakan untuk menampilkan jendela office clipboard secara otomatis pada saat melakukan cut atau copy.
2. Show Office Clipboard When Ctrl+C Passed Twice; menu ini digunakan untuk menampilkan jendela Office Clipboard apabila tombol Ctrl+C ditekan dua kali.
3. Collect Whitout Showing Office Clipboard; menu ini digunakan untuk menyimpan objek-objek yang di cut atau copy ke dalam Office Clipboard, akan tetapi jendela Office Clipboard itu sendiri tidak ditampilkan.
4. Show Office ClipboardIcon On Taksbar; menu ini digunakan untuk menampilkan ikon Office Clipboard pada taksbar.
5. Show Status Near Taksbar When Copying; menu ini digunakan untuk memunculkan status isi Clipboard di dekat taksbar ketika melakukan peng-copy-an.
0 comments:
Post a Comment