Cara Menghitung Suara Pemilih Dengan Excel

Jika Anda ingin melakukan memilihan pimpinan dalam sebuah organisasi atau di lingkungan sekolah, Anda dapat memanfaat Aplikasi Excel sebagai media penghitungannya.

Dengan Microsoft Excel, Anda sebagai panitia pemilihan tidak harus melakukan penulisan secara manual di papan tulis seperti yang dilakukan dalam pemilihan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi baru-baru ini di acara televisi kita. Sehingga Anda dapat melakukan dengan sedikit agak berbeda dan praktis serta keuntungan kedua data yang ada sudah otomatis terekam dalam file yang tersimpan dalam komputer.

Pembuatan perhitungan suara dalam contoh berikut saya contohkan dalam pemilihan wakil kepala sekolah di salah satu sekolah dengan asumsi bahwa setiap peserta pemungutan suara (calon pemilih) memiliki hak suara sebanyak empat suara (anda dapat menggunakan untuk satu suara).

Langkah-langkah membuat Tabel Perolehan Suara dalam Pemilihan sebagai berikut:

1. Buat tabel dalam Excel seperti contoh gambar dibawah ini:


2. Kemudian pada keterangan isikan nama calon (G10 sampai G15) yang akan dihitung suaranya.

3. Pada sel B4, C4, D4 dan E4 isikan nama-nama calon yang terpilih berdasarkan suara pemilih, dan isikan pula pada sel berikut hingga batas akhir jumlah pemilih, dalam contoh ini diasumsikan jumlah pemilih sebanyak 100 orang.

Jika terlalu lama Anda menulis nama calon, Anda dapat menggunakan fungsi Data Validation yang dapat dilihat pada penjelasannya disini.

4. Pada sel H10 pada perolehan Suara isikan rumus =COUNTIF($B$4:$E$103;H10) dan drag hingga sel H15.

5. Pada sel G4 pada suara terbanyak isikan rumus =INDEX(G10:G18;MATCH(H4;H10:H18;0))

6. Pada sel H4 pada nilai suara terbanyak isikan rumus =MAX(H10:H18).

Nah setelah selesai penghitunga suara Anda dapat melihat siapa saja yang memperoleh suara terbanyak dan siapa yang tertinggi.


Jika Anda masih binggung dalam penjelasan ini, Anda dapat mengunduh file Excel nya disini, (bagi yang memakai Office 2010) atau disini (bagi yang memakai Office 2007) dan Anda dapat memodifikasi sesuai keinginan.

Selamat mencoba...



Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda dan kerahasiaan email Anda dijamin. Untuk mengetahui tata cara berlangganan blogamka lewat email Anda, silahkan klik disini



Artikel terkait...



7 comments:

Anonymous said...

mas...file ya saya download kok ggk ada ya..?? dari sekian googling cuma punya mas yg cocok..tp saya belum mengerti sama rumus''nya....maklum baru belajar excel...

salam

am ka said...

dah saya coba download msh ada tuh..., coba cari di hasil download dgn nama file PemilihanSuara.rar

Anonymous said...

mas..kenapa waktu di buka filenya ga ada isinya.. seperti kita buka exel.. mohon petunjuk.

am ka said...

makasih atas kritiknya, nanti saya cek kembali...

am ka said...

Maaf file Excel yang Anda download harus dibuka dengan Office 2010, tapi saat ini saya berikan link downloadnya jika Anda menggunakan Office 2007, terima kasih.....

lee-chien family said...

makasih gan aq akan coba untuk data di kami... thx

harga terbaru said...

formula ini sangat membantu sekali mas,,
makasih udah berbagi,,
salam kenal.

Post a Comment