Cara Cetak Dokumen Pada Word

Secara default Microsoft Word akan mencetak dokumen yang Anda buat dari halaman yang paling awal hingga sampai akhir.

Maka untuk mencetak dokumen ini Anda tentu dihadapkan pada jenis printer yang berbeda-beda dari printer yang digunakan, secara garis besar ada dua jenis cara memasang kertas pada printer yang beredar dipasaran, yaitu:

Pertama: Kertas dari arah atas printer dan hasil print outnya ke depan bawah dan hasil cetakannya akan mengahadap keatas.


Kedua: Kertas dari arah bawah printer dan hasil print outnya keluar ke atas printer dan biasanya hasil cetakan akan menghadap kebawah.


Jika Anda menggunakan jenis printer pertama, maka dokumen akan diurutkan dari awal hingga akhir dengan hasil cetakan menghadap keatas. Ini artinya Anda harus kembali mengurutkan dokumen yang tercetak secara terbalik karena saat proses pencetakan berakhir, halaman dokumen terakhirlah yang berada paling atas.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka yang harus dilakukan adalah melakukan konfigurasi pada Word Anda dengan cara:

1. Buka dokumen Word lalu klik File dan pilih Options (jika memakai Word 2010) atau klik Office Button lalu klik Word Options (jika memakai Word 2007).

2. Setelah jendela Word Options terbuka maka pilih Advanced lalu pada opsi Printer ceklist pada bagian [Reverse print order] atau pada Word 2010 pada [Print pages in reserve order]. Klik tombol OK.


Dengan mengaktifkan fitur ini, maka setiap proses pencetakan dokumen berlangsung, Microsoft Word akan mencetak halaman secara terbalik (reverse), yaitu dari halaman terakhir sampai halaman awal dokumen.

Jika Anda menggunakan jenis printer kedua, maka Anda tidak perlu mengaktifkan fitur [Print pages in reserve order] ini.



Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda dan kerahasiaan email Anda dijamin. Untuk mengetahui tata cara berlangganan blogamka lewat email Anda, silahkan klik disini



Artikel terkait...



10 comments:

fadly firdausy said...

thx for da inform.

industry maintenance said...

terima kasih atas artikelnya pak

Armstrong Ceiling said...

informasinya sangat mendukung pak

Motivator Bisnis said...

nah akhirnya ketemu juga nih artikel ini.terimakasih sudah di share

printing said...

ilmunya saya pakai pak.Buat buka jasa service printer

genset link said...

bagus infonya pak tolong utak atik lagi,siapa tau masih banyak ilmu yang masih bisa saya dapat dari bapak

water filter said...

bermanfaat sekali pak tambahan ilmu lagi ni

Furniture Jakarta said...

semoga print yang saya pakai tidak mengalami spooler

Jasa Internet Marketing said...

terimakasih pak atas penjelasannya

pressure gauge said...

saya baru saja memakai ms 2010 printer epson L200. setiap kali ngeprint, baik all page, current page atau pun custom range selalu saja ketambahan 1 halaman yang isinya keterangan mengenai file

Post a Comment