Mengenal Clip Art Pada Microsoft Office

Clip art, dalam seni grafis, mengacu pada pra-dibuat gambar yang digunakan untuk menggambarkan media apasaja dalam dunia elektronik dan sejak awal clip art telah berkembang untuk menyertakan berbagai macam konten, format file, gaya ilustrasi, dan pembatasan lisensi.

Clip art umumnya terdiri dari ilustrasi (yang diciptakan dengan tangan atau oleh perangkat lunak komputer), dan tidak termasuk katagori fotografi.


Istilah "clip art" berasal melalui praktek dalam memotong gambar pada pra-karya cetak untuk digunakan dalam penerbitan. Sebelum munculnya komputer di penerbitan, clip art yang digunakan melalui proses yang disebut menempelkan gambar. Banyak gambar clip art dalam era ini sebagai seni garis. Dalam proses ini, gambar clip art dipotong dengan tangan, kemudian di tempelkan sesuai ukuran yang akan dicetak. Sejak tahun 1990-an, hampir semua penerbit telah menggunakan proses tempel clip art ini dengan desktop publishing, bahkan sekarang dengan pesatnya kemajuan teknologi sudah dibuat dengan komputer grafis.

Clip Art pada Office 2007 dan Office 2010 (Word, Excel, Power Point) tersedia lebih menarik dibandingkan versi-versi Office sebelumnya. Clip art dibagi menjadi dua jenis data yang diwakili oleh banyak format file yang berbeda: seni vektor dan bitmap.

Adapun format clip art pada clip organizer windows diantaranya: Windows Metafile Format (.wmf), Enhanced Metafile Format (.emf), Graphics Interchange Format (.gif), Joint Photographic Expert Group (.jpeg), Portable Network Graphics (.png), Vector Markup Language (.vmf).

Untuk melihat Clip Art yang ada pada windows Anda dapat melakukan tanpa membuka Office apapun dengan cara mengaksesnya melalui menu Start ==> All Program ==> Microsoft Office ==> Microsoft Office Tools ==> Microsoft Clip Organizer dan pilih Office Collections




Dan untuk melihat secara detail dapat Anda klik tooltip bagian kanan clip art tersebut lalu klik Preview/Properties


Tampilan Preview/Properties




Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda. Untuk mengetahui tata cara berlangganan blogamka lewat email Anda, silahkan klik disini



Artikel terkait...



2 comments:

Anonymous said...

That іs reаlly fаscinating, Yοu аre аn еxceѕsively professional bloggеr.
I have joined уour feeԁ and looκ forωard to ѕeаrсhing for more of уour fantastic ρost.

Also, I've shared your website in my social networks

My page Lloyd Irvin

As Shop said...

Terimakasih, tutorialnya bermanfaat banget …

Kamu butuh tutorial yang menggunakan bahasa Indonesia? Pusing cari dimana? Kunjungi Kumpulan Tutorial Gratis Tutorial berbahasa Indonesia, yang bisa membantu kamu melakukan aktivitas sehari-hari

Post a Comment