Cara Filter Nilai Pada Sebuah Sel di Excel

Untuk menjaga kemungkinan adanya data yang dimasukkan salah, maka Excel membuat kemudahan dalam ha penyaringan data yang hendak di input pada sebuah sel.

Untuk menghasilkan informasi dari data-data tersebut tentunya data yang dimasukkan harusnya tidak nilai yang salah. Maka dari itu jika Anda atau orang lain ingin memasukkan data sebaiknya sebelum memasukkan data dalam sel atau range pada lembar kerja sebaiknya di filter terlebih dahulu.


Misalnya pada contoh daftar nilai diatas, nilai yang dimasukkan harus nilai puluhan dengan rentang nilai antara 50 hingga 99, agar tidak menimbulkan kesalahan dalam memasukkan nilai tersebut, Anda harus membuatkan filter dengan rentang nilai antara 50 hingga 99.

Caranya:
1. Buat Data yang akan dibuatkan filter, seperti contoh berikut:


2. Lalu blok terlebih dahulu semua kolom ulangan pada sel B4 hingga O29.

3. Klik ribbon Data, lalu pada Data tools klik Data Validation dan pada menu yang muncul pilih Data Validation…


4. Setelah muncul kotak dialog Data Validation, pada tab seting ubah combo box yang ada pada bagian teks Allow: pilih dengan Whole number, pada Data: pilih between, pada Minimum: isi dengan nilai 50 dan pada Maximum isi dengan 99.


5. Agar orang lain mengerti rentang nilai yang dimasukkan, maka Anda dapat menambahkan pesan dengan mengklik tab Input Message seperti contoh berikut pada Title: tulis Peringatan, pada Input message ketik "Nilai yang dapat dimasukkan antara 50 hingga 99 saja !", atau menurut pilihan Anda


6. Jika orang lain atau Anda ingin mengetahui nilai yang dimasukkan salah, maka Anda dapat menambahkan pesan kesalahan dengan mengklik Error Alert dan mengisinya pada title: Pesan Kesalahan, pada Error message dengan "Maaf data yang Anda masukkan Salah, Coba ulangi lagi...", atau sesuai pesan Anda sendiri.


7. Nah berikutnya jika data yang dimasukkan salah maka akan ada peringatan seperti gambar berikut


Dengan memberikan filter pada sel-sel tersebut, maka Anda dapat meminimalkan kesalahan-kesalahan input data yang sering terjadi.

Jika Anda tidak lagi membutuhkan validasi data seperti langkah-langkah diatas, Anda dapat menghapusnya dengan mengklik Clear Validation Circles.



Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda. Untuk mengetahui tata cara berlangganan blogamka lewat email Anda, silahkan klik disini



Artikel terkait...



2 comments:

jempot2-office said...

bagus tutorialnya mas, tentang fungsi filter. tutorialnya lebih lengkap

Kumara Aditya Pradipta said...

mas mau nanya dong, kalau misalkan untuk mengcopy suatu nilai secara otomatis gimana?
misalkan untuk nilai 1 poinnya 10, nilai 2 poinnya 9, nilai 3 poinnya 8 dan seterusnya. jadi pas saya nulis 1 angkanya langsung berubah menjadi 10 sesuai dengan nilai yang di tulis. nah kalau kaya gitu gimana caranya mas?

Post a Comment