Screen Capture dengan Chrome

Google Chrome sebagai salah satu browser internet yang mulai banyak diperhitungkan oleh penjelajah dunia maya tentu ingin exist dan bersaing dengan browser-browser internet lainnya yang sudah ada.

Kalau di Mozilla Firefox kita mengenal add-ons maka di Google Chrome ada chrome extension, sebetulnya banyak jenis chrome extensions, tetapi kali ini saya hanya akan menjelaskan salah satu extension google chrome yang berguna untuk membuat screen capture melalui browser secara online.

Cara install Screen Capture Chrome:

1. Buka Google Chrome, lalu pilih customize and control goole chrome yang bertanda kunci di sudut kanan atas halaman Chrome.


2. Kemudian pilih Tool dan masuk ke Extensions

3. Pilih get more extensions, lalu pilih Developer tools, dan pada halaman Popular pilih All


4. Setelah itu klik Screen Capture (by Google), lalu klik Add to Chrome lalu Install


5. Maka pada sudut kanan atas akan bertambah extension Screen Capture.


Anda bisa menambahkan text dalam capture yang anda buat. Hasil screen capture bisa langsung anda save menjadi file PNG maupun JPEG, ada 4 pilihan untuk membuat screen shoot yang bisa anda buat yaitu :


a. Capture Page Region
Anda dapat membuat screen shoot secara penuh, jika anda pilih mode ini maka seluruh yang terlihat pada layar akan dipilih.

b. Capture Visible Content
Jika anda memilih mode ini maka capture yang akan anda buat adalah semua yang terlihat di browser anda, artinya hanya akan mengambil screen shoot sesuai dengan tampilan yang nampak dilayar monitor anda (bagian dibawah scroll tidak akan ikut terbawa).

c. Capture Whole Page
Mode ini akan mengambil screen shoot dari satu halaman web secara penuh, artinya area dibawah scroll akan ikut terekam.

d. Capture Screen Region
Anda dapat membuat screen shoot sesuai dengan area yang anda inginkan, jika anda pilih mode ini maka akan muncul kotak yang bisa anda pindahkan dengan mouse

Anda juga dapat menggunakan dengan memanfaatkan keyboard shortcut yang ada atau menggantinya sendiri serta dimana letak penyimpanan hasil capture tersebut.



Artikel terkait...



5 comments:

Unknown said...

Terima Kasih, bang buat infonya. Hasilnya bagus...

Risablogedia said...

makasiihhh :)

Unknown said...

aku tidak bisa munul :(

blogamka said...

buat Gadis, maksudnya apa ini

Admin Blog said...

gan, saya udah pasang ekstensi ini. terus pas di pake ko ga bisa nge-save gambarnya ya? mohon pencerahannya gan :)

Post a Comment