Mencari Jumlah Data Dengan Format Kondisi di Excel

Dalam Microsoft Office Excel 2007, Anda dapat mengubah tampilan data anda berdasarkan data yang ingin diseleksi atau ingin diubah tampilannya. Sebagai contoh, Anda dapat mengubah warna alamat dalam lembar kerja Anda menjadi merah sementara data yang lain tetap hitam. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat lembar kerja di excel, untuk memudahkan Anda ikuti data seperti gambar di bawah ini:


2. Lalu letakkan kursor anda pada sel F5, lalu klik Data pada Menu Ribbon dan klik Data Validation


3. Setelah masuk ke Data Validation pilih Setting pada menu Allow dengan pilihan List, pada Sourse ketik =$I$4:$I$6 lalu OK.


4. Maka pada Sel F5, telah dibuatkan validasi data berdasarkan range I4 sampai I6.


5. Lalu letakkan kursor di sel G5, dan ketik rumus =COUNTIF(D4:D18;F5), lalu enter


6. Setelah itu letakkan kursor di sel G5 lagi lalu klik Number pada ribbon Home, untuk mencari Format Cells.


7. Arahkan ke Number lalu pilih Custom dan pada Type ketikkan dengan rumus: [Blue]## “orang” lalu Ok, seperti gambar dibawah ini:



Maka otomatis data angka akan dibarengi dengan kata orang dan dengan warna biru.

Untuk membuat agar sel yang terpilih berubah warna ikuti langkah berikut:
1. Klik Conditonal Formating pada ribbon Home lalu pilih Highligh Cells Rules
2. Lalu pilih Equel To, seperti gambar dibawah ini:


3. Lalu setelah menu Equel keluar, pada format cells that are equel to isikan dengan rumus =$F$5 sesuai dengan kota asal tersebut, pada with pilih Custom Format, seperti gambar dibawah:


4. Setelah itu pilih Fill dan pilih warna merah jika ingin fiilnya berwarna merah, lalu klik Ok.


Maka hasil akhirnya akan seperti gambar dibawah ini:


Selamat mencoba….

Artikel terkait...



4 comments:

Anonymous said...

pak,bagaimana caranya kalau DATA KARAYAWAN berada di sheet yang berbeda? Terima kasih.

Anonymous said...

kok tetap gal bisa ya pak?? itu maksudnya kalau kita pilih "PADANG" jadi yg jumlah orang yg berasal dari "PADANG" akan terjumlah otomatis.,begitu juga kalau kita pilih "PARIAMAN" akan terjumlah juga orang yg berasal dari "PARIAMAN".,seperti itu kan pak? Tapi,kok saya belum bisa juga ya?! Apa "DATA KARYAWAN" itu harus di VLOOKUP dulu?! Sekalian jelasin pak cara VLOOKUP/HLOOKUP. Terima kasih.

blogamka said...

berikan alamat email Anda nanti saya berika contoh file excelnya, kirimkan email ke email saya, terimakasih....

Jakarta bubbledrink said...

sangat bermanfaat, terima kasih dear admin :)

Post a Comment