Membuat Nomer Urut Otomatif di Table Word

Saat kita bekerja dalam membuat naskah di Microsoft Office Word 2007 sering kali kita menggunakan tabel, tetapi masih banyak juga yang masih memasukkan nomor urut pada tabel tersebut dengan memasukkan datanya secara manual.

Nah kali ini Anda yang masih sering memasukkan dengan manual, diajak untuk menggunakan fasilitas di Word dengan Automatis, dengan menggunakan Numbering List.

Sebelum menggunakan tabel sebaiknya spasi paragraf yang anda pakai selalu dalam posisi satu spasi (single) dalam tabel, untu naskah diluar tabel silakan menggunakan spasi yang ada..

Langkah mengurutkan nomer secara otomatis dapat dilakukan dengan cara:

1. Buat tabel sesuai yang diinginkan, dalam hal ini sebagai contoh saya menggunakan lima kolom dan tujuh baris, seperti contoh:


2. Kemudian untuk memasukkan nomor urut pada baris no. anda blok terlebih dahulu baris nomor.


3. Lalu letakkan posisi ribbon pada Home, kemudian klik Numbering.


4. Lalu pilih Numbering yang anda inginkan dan klik yang anda inginkan, maka nomor urut akan tampil pada posisi yang diinginkan.

5. Setelah selesai membuat nomor urut, jika terjadi masalah seperti gambar diatas, maka yang perlu anda lakukan adalah memformatnya pada identasi di paragraf, caranya klik ikon tanda panah kecil di paragraph pada ribbon Home


6. Lalu pada Indentation bagian Left, ubah sesuaikan ukurannya, dalam hal ini saya gunakan Leftnya 0.2 cm. lalu klik Ok.

7. Maka hasil akhirnya akan seperti terlihat pada gambar dibawah ini.


8. Untuk menambah halaman berikutnya anda dapat meletakan kursor disebelah kanan tabel, lalu tekan Enter, maka akan bertambah satu baris ke bawah.


9. Jika ingin jumlah baris ingin lebih banyak, maka anda dapat menyorot (memblok) beberapa baris yang ada dalam tabel tersebut


10. Lalu klik kanan dan sorot pada bagian Insert dan arahkan ke Insert Rows Below, maka jumlah baris akan bertambah banyak lagi.


Maka hasil akhir dapat dilihat seperti gambar berikut:


Semoga bermanfaat...

Artikel terkait...