Tip Singkat Seputar Baterai Notebook

Rajin-rajinlah melakukan Defrag harddisk, karena proses defrag membantu pengaturan data menjadi lebih efesien. Yang artinya harddisk akan bekerja lebih cepat dalam mencari file dan lebih sedikit membutuhkan daya.
Efeknya memang sangat minim sekali tapi setidaknya bisa turut berpartisipasi dalam menghemat bateri.

Redupkan Layar, semakin terang layar anda, semakin banyak tenaga yang dibutuhkan. Jika anda tidak dapat bekerja dengan yang redup, setidaknya buatlah ia secara otomatis menjadi lebih redup saat tidak digunakan. Level brightness di notebook juga bisa berperan dalam menghemat baterai. Semakin terang layar, semakin banyak menghabiskan daya. Buat yang enggan melakukan lewat Windows Mobility Center, anda dapat melakukannya lewat kombinasi tombol tertentu di keyboard. Setiap notebook mempunyai kombinasi berbeda-beda, biasanya terdapat simbol bintang pada fungsi Fn.


Membuka aplikasi terlalu banyak saat menggunakan baterai juga salah satu hal yang bisa menyedot baterai. Agar lebih hemat jalankan satu atau dua aplikasi saja. Selain itu aplikasi yang terlalu berat seperti pengolah grafis atau bahkan game, menyedot daya lebih banyak apabila dibandingkan dengan spreadsheet atau word prosesor.

Mematikan suara dan screen saver juga dipercaya dapat menghemat baterai.


Pada sistem yang memiliki RAM yang sedikit otomatis akan lebih sering memanfaatkan virtual memory yang notabene mengambil dari harddisk. Semakin sering sistem membaca virtual memory, maka harddisk akan lebih banyak bekerja dan daya yang dibutuhkan semakin banyak. Sementara bila RAM-nya lebih dari cukup, sistem akan memanfaatkan RAM dan lebih sedikit menggunakan virtual memory, yang artinya kerja harddisk tidak terlalu banyak.

Banyak pengguna yang tidak sadar, saat menggunakan notebook, softcase-nya tetap dipakai untuk menutupi permukaan luar notebook. Hal ini tidak terlalu baik karena bisa menghalangi sirkulasi udara panas yang keluar dari notebook, serta bisa berpengaruh terhadap daya tahan baterai.

Masih ada kaitannya dengan panas, jangan pernah peletakkan notebook dibawah sinar matahari langsung atau diletakkan di dalam mobil yang parkir di area terbuka. Temperatur tinggi merupakan musuh dari segala komponen elektronik.
Pastikan anda menggunakan adaptor (charger) asli atau pengganti, tapi yang spesifikasinya sesuai. Ketidaksesuaian spesifikasi bisa mengakibatkan overload, merusak baterai, bahkan dapat merusak notebook.

Jangan terlalu lama bekerja dengan external device, jika Anda menggunakan external harddisk sebaiknya file tersebut dipindahkan dan dialihkan kedalam harddisk. matikan Wifi, Bluetooth, atau external device lain jika tidak digunakan

Jika anda berencana untuk tidak menggunakan notebook dalam jangka waktu cukup lama, pastikan baterai sudah terisi 40%. Setelah itu copot (lepaskan) baterai dari notebook dan simpan di tempat yang sejuk dan kering.

Artikel terkait...



0 comments:

Post a Comment