Membuat Kuitansi Dengan Visual Basic Excel

Pada posting terdahulu saya telah membuatkan Kuitansi secara sederhana dengan program Microsoft Excel, namun kali saya buatkan lagi tetapi dengan memakai terbilang dengan Visual Basic, pada menu ribbon Developer yang ada di Office Excel.

Sering orang merasa kesulitan dalam megisi angka terbilang pada form kuitansi maupun pekerjaan lain di Excel yang membutuhkan penerjemahan angka ke terbilang. Menerjemahkan angka ke dalam kata-kata dengan program Microsoft Excel 2007 maupun 2010 dengan bantuan aplikasi Visual Basic pada microsoft Excel atau yang dikenal sebagai macro. Fungsi dalam list program yang dipakai nantinya sebenarnya dapat digunakan pada aplikasi MS Office atau aplikasi Visual Basic lainnya.

Fungsi tersebut akan berguna untuk menerjemahkan angka ke dalam kata-kata sampai dengan 15 digit termasuk nilai desimal (ratusan trilian apabila tanpa nilai desimal). Angka 15 digit ini merupakan nilai yang dapat ditampung MS Excel sebelum dirubah ke nilai exponen.

Langkah-langkahnya:
1. Buka aplikasi Microsoft Office Excel.

2. Aktifkan menu ribon Developer pada Excel 2007, cara mengaktifkan dapat dipelajari pada postingan "Mengaktifkan menu ribbon developer di Excel" terdahulu...

3. Klik pada bagian Visual Basic atau AltF11. Lalu setelah itu, pilih Insert > Module. Pada Module 1 yang baru dibuat, letakkan kursor pada bagian Code. Apabila belum muncul atau beralih ke bagian tersebut pilih View > Code (F7).


4. Pada lembar kosong tersebut copy paste-kan list program pada file terbilang.txt. kalau belum ada silahkan download dulu.


5. Lihat Setelah Anda selesai mengcopy pilih Close and Return to Microsoft Excel untuk kembali ke workbook di Excel.

6. Simpan workbook tersebut, namakan misalnya nama file debgan terbilang.

7. Sekarang Anda dapat mencoba fungsi tersebut dalam penggunaan di kuitansi silahkan download file kuitansi excel 2007 disini.

8. Pada sel F9 ketikkan rumus =terbilang(D18), lalu enter.

9. Jika terjadi peringatan: "Security Warning Macros have been disabled" klik Options, lalu ceklist enable this content, lalu Ok.


peringatan Security Warning


Berikut contoh penulisan fungsi tersebut pada kuitansi excel.


Silahkan download terbilang.txt (file notepad) dan file kuitansimakro.xlsx (file Excel) secara gratis dan tanpa dipassword.

Selamat mencoba semoga bermanfaat...

Artikel terkait...



21 comments:

Alie said...

Postingan anda sangat membantu.
Kalau tdk salah rasanya sy kenal anda, apakah anda pernah kerja di Mandala Air Line dan pernah tinggal di daerah kebon kosong Kemayoran?
Mohon maaf bila dianggap sok kenal, mungkin juga hanya mirip nama dan wajah anda.
Skali lg terima kasih.

sofwer gratis said...

makasih ya pak amin, posting bapak banyak membantu saya dalam mendalami komputer, kalau ngak salah bapak dahulunya waka kurikulum di smkn 1 ampek angkek ,waktu saya masih sekolah di sana kira2 tahun 2000 - 2003

sofwer gratis said...

pak saiful mohon carikan sofwer memnghitung data statistik dan windows 8, karena memang sekarang buka usaha servis komputer dan sekarang lagi nyelesaikan s1 krna sekarang dah smtr 8

blogamka said...

Makasih atas kunjungannya, ya berarti Anda sangat mengenal saya..., lanjutkan berkreasi lewat blog

Unknown said...

om Amka...koq file kuitansinya ga bisa d download ya...

mohon pencerahannya Om...

makasih. Tois

blogamka said...

MAs Toto, msh bisa di download kok....

Unknown said...

Selamat pagi Om Amka....
sebelumnya sy mnt maaf, krn prtyaan sy kmrn, maklum sy baru belajar.

Sekarang sy boleh tanya lg kan Om...? ( boleh ya...hehehe...).

begini Om, sy mau modifikasi karya Om itu di kolom A pada sheet DATA dari angka misal : 1. 2. dst, dirubah menggunakan KODE, misal BI01 dst, MN01 dst dan PE01 dst. cara untuk merubahnya gimana ya Om, sebab kemarin sy coba dari siang sampe malem ga bisa2, smp stress Om..timbulnya pada sheet Kuitansi malah #NONAME semua...tolong ya Om pencerahanya krn sy sangat memerlukan aplikasi ini, selain efesiensi biaya dan waktu juga data dapat tersimpan secara baik. dan sy juga backup semua data2 tsb spy apabla kena virus sy msh pny backup nya.

terima kasih Om sebelumnya, sy do'akan semoga apa yang diberikan oleh Om kpd orang lain mndpt berkah dr Allah SWT dan bermanfaat jg bagi yang lain.

Wassalam
Tois

blogamka said...

Buat angka dari di sel A1 dengan 1, A2 dengan 2 hingga sel A10 dengan angka 10 misalnya, lalu blok sel A1 hingga A10, setelah itu pada HOME klik tooltip number maka akan keluar jendela Format Cells, pada Category pilih Custom, lalu pada Type tulis "BI"00 untuk membuat nomor urut dengan kode BI01, BI02, BI03 dan seterusnya, selamat mencoba...

Anonymous said...

mas, sekarang kan saya lagi bikin program erp dengan EXCEL 2007 tapi khusus untuk absensi karyawan menggunakan barcode.
program sudah saya buat dan saya sudah coba aktifkan OK , masalahnya file program rencananya saya taruh di komputer Security (tempat absen karyawan dgn barcode) dan saya juga dapat mengakses file tersebut dari tempat saya (office), gmn ya mas caranya?
mohon dapat diberi petunjuknya...terima kasih

blogamka said...

Wah mas anonym saudara tidak mencantumkan filenya, cuma semetara saya jawab, bisa jadi folder atau file yang di security, saudara kasih sharing (jika mengguakan jaringan LAN) untuk dapat saudara akses ke tempat saudara,

Unknown said...

mas terima kasih banyak atas artikel exel 2007 membantu saya membuat kwitansi exel

Unknown said...

mas terima kasih banyak atas artikel exel 2007 membantu saya membuat kwitansi exel

Anonymous said...

pak Amka, kok setelah saya download file kuitansimakcro.xlsx.exe keluar komentar dari komputer "kuitansimakcro.xlsx.exe is not a valid win 32 application, trus gimana donk pak.
Saya tunggu infonya pak. makasih.

blogamka said...

mas bontot coba download file DISINI setelah saya perbaharui

Anonymous said...

ad solusi gak buat fungsi terbilang di kingsoft spreadsheets
makasih sebelumnya

Admin Blog said...

mas ko malah timbul #NAME?

Admin Blog said...

mas ko malah timbul #NAME?

Unknown said...

terimakasih. (y)

sc said...

mantap

Unknown said...

Apakah hanya berlaku untuk excel 2007 saja? Bagaimana jika user menggunakan office 2010? Thnks before mas

zhero chool said...

Maksih atas smua posting.y....

Post a Comment