Cara Konversi Data Vertikal ke Sebuah Tabel

Jika Anda memiliki sebuah data tabulasi dalam bentuk vertikal dan akan diimpor ke Excel sebagai bentuk tabel kolom, maka dapat dilakukan dengan formula Indirect.

Gambar berikut adalah sebuah contoh data vertikal yang berisikan sebuah informasi, setiap record terdiri dari lima baris.


Excel tidak menyediakan cara secara langsung untuk mengkonversi, seperti range ke table, namun beberapa formula berikut dapat melakukannya sehingga datanya dapat berbentuk tabel.

Caranya:

Buat data seperti contoh gambar diatas, lalu buatlah rumus pada:

Sel C1 dengan rumus =INDIRECT("A"&ROW()*5-4)


Sel D1 dengan rumus =INDIRECT("A"&ROW()*5-3)


Sel E1 dengan rumus =INDIRECT("A"&ROW()*5-2)


Sel F1 dengan rumus =INDIRECT("A"&ROW()*5-1)


Sel G1 dengan rumus =INDIRECT("A"&ROW()*5-0)


Lalu blok dari sel C1 hingga sel G1 dan drag ke bawah, maka semua data yang ada pada kolom A akan terkonversi dalam bentuk tabel.

Hasilnya akan seperti berikut:


Formula ini akan mengasumsi bahwa data asli dimuali dalam sel A1 dan konversi rumus akan dimulai pada baris pertama. Selain itu formula ini akan menganggap bahwa setiap record terdiri dari lima baris.

Selamat mencoba…



Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda. Untuk mengetahui tata cara berlangganan blogamka lewat email Anda, silahkan klik disini



Artikel terkait...



0 comments:

Post a Comment