Menuliskan Bilangan Pecahan di Excel

Saat bekerja dengan Microsof Office Excel, praktis sebagian besar yang dikerjakan adalah berupa angka-angka. Angka-angka yang dimasukkan bisa berupa bilangan bulat, desimal maupun bilangan pecahan. Untuk memasukkan bilangan bulat dan bilangan decimal tentunya sudah tidak lagi menjadi masalah karena bisa langsung diketik didalam sel.

Namun berbeda halnya dengan mengetik angka atau bilangan pecahan seperti 1/2, 1/4, 12/56, 34/112, dan seterusnya. Ketika angka atau bilangan pecahan tersebut diketik didalam cel maka yang muncul bukannya bilangan pecahan, namun berubah menjadi format tanggal.

Sebagai contoh dapat dilihat gambar dibawah ini. Bandingkan antara kolom yang belum diatur dengan yang sudah diatur untuk diketik angka pecahan.


Langkah membuatnya:
1. Blok atau seleksi sel, baris atau kolom yang akan di ketik bilangan pecahan.
2. Tekan Ctrl + 1 pada keyboard untuk memunculkan jendela format sel.
3. Pada tab Number pilih Fraction kemudian pada panel sebelah kanan pilih sesuai dengan kebutuhan dari beberapa pilihan yang ada.

Misalnya:
Up to one digit (1/4) untuk pecahan dengan angka satu digit
Up to two digits (21/25) untuk pecahan dengan angka dua digit
Up to three digits (312/943) untuk pecahan dengan angka tiga digit dan seterusnya…


4. Klik OK

Silahkan ketik bilangan pecahan pada sel yang telah diatur dengan menggunakan fraction tadi.Dengan demikian angka pecahan tersebut dapat anda gunakan untuk melakukan perhitungan baik perkalian, penjumlahan, pengurangan, dll.



Artikel terkait...



0 comments:

Post a Comment