Mengkonversi Satuan Dengan Excel

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita dihadapkan pada persoalan konversi suatu satuan tertentu ke satuan yang lain. Misalnya ; konversi dari Celcius menjadi Fahrenheit, dari Fahrenheit ke Celcius atau ke Kelvin dan sebaliknya. Pada satuan volume zat cair, dari liter menjadi gallon dan sebaliknya dari gallon menjadi liter. Pada satuan berat sering pula kita dihadapkan untuk conversi dari gram ke ons atau pon ke gram, dan contoh lain pula mengenai jarak, conversi dari foot menjadi meter, inci menjadi yard dan lain sebagainya.


Pada Microsoft excel, sudah terdapat fasilitas atau rumus tertentu untuk melakukan konversi satuan tersebut. Untuk dapat melakukan konversi satuan tersebut, anda dapat menggunakan formula : =convert(nilai yang dikonversi;"satuan awal";"satuan yang dikehendaki") kemudian tekan Enter.


Sebagai contoh 10 sentimeter dikonversi menjadi inchi, maka formula yang dimasukkan adalah =convert(10;"cm";"in") lalu tekan enter. Maka hasilnya akan tampil pada sel yang diinginkan.




Dengan menggunakan formula di excel, ternyata sangat mudah mengkonversi suatu satuan berat, masa, jarak, waktu, tekanan, energy dan lain-lain. Untuk mengetahui satuan dari masing-masing satuan, berikut ini dapat menjadi salah satu acuan untuk melakukan perintah untuk konversi.

Satuan Berat
Singkatan untuk convert
Gram
g
Pon
lbm
Ons
ozm
slug
sg
Masa atom
u

Satuan Suhu
Singkatan untuk convert
Celsius
C
Fahrenheit
F
Kelvin
K
  
Satuan Jarak
Singkatan untuk convert
meter
m
yard
yd
foot
ft
mil
mi
inchi
in
nautical
nml
sentimeter
cm
pika
pica










        
Satuan Waktu
Singkatan untuk convert
tahun
yr
Hari
day
jam
hr
menit
mn
detik
sec

Satuan Tekanan
Singkatan untuk convert
Atmosfir
Atm
Paskal
Pa
mm-Hidrairgium
mmHG

Satuan Zat Cair
Singkatan untuk convert
Sendok teh
tsp
Sendok Makan
tsb
Cangkir
cup
Liter
l
Quart
qt
Galon
gal
Ons (air)
oz

Satuan Gaya
Singkatan untuk convert
Newton
N
Pon-gaya
lbf
Dybe
dyn

Satuan Tenaga
Singkatan untuk convert
Tenaga kuda
HP
Watt
W

Satuan Energy
Singkatan untuk convert
Joule
J
Kalori
cal
Erg
e
Elektron Volt
eV
Watt-Hour
Wh
Foot-pon
flb


Anda juga dapat langsung mengenal satuan convert dengan hanya mngetikkan huruf setelah kutip pertama, maka Excel akan menuntun kita satuan convert yang diinginkan seperti contoh gambar di bawah ini:


Selamat mencoba.... 






Artikel terkait...



3 comments:

Unknown said...

bapak saya sudah coba gunakan excel untuk konversi satuan, tapi ko gak berhasil...kenapa bisa begitu bapak?padahal sy sudah pasang rumus sesuai yang bapak postkan

Unknown said...

Kalau "bulan" = " ? "
Tq.

Unknown said...

kalau gram ke kg dan ml k kg. bagaimana ya pak?

Post a Comment