Bahaya Terinstall Search Engine Palsu (Browser Hijacker)

Masih banyak pengguna internet yang sampai saat ini kurang paham mengenai Search Engine (mesin pencari) palsu yang dapat berdampak negatif pada komputernya pengguna.

Search Engine Palsu ini berbeda dari Search Engine populer yang ada, seperti Google, Bing atau Yahoo. Para pengguna sebenarnya tidak menyadari, memasukan "keyword" pada Search Engine Palsu ini bisa mengarahkan pengguna menuju situs berbahaya dari hasil pencarian yang dihasilkan.

Modus lain yang mereka gunakan adalah mengarahkan pengguna pada situs download berbahaya yang berisi virus, malware, spyware yang dapat berdampak fatal bagi komputer atau mencari keuntungan dengan membawa pengguna ke situs-situs yang menjual peralatan yang tidak diinginkan, mempromosikan suatu servis tertentu dengan cara ilegal.

Persoalan serius tentang munculnya Search Engine Palsu adalah bagaimana bisa program tersebut masuk ke komputer pengguna dan meng"hijack" browser yang terinstal di komputer baik menggunakan Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer maupun search engine yang lain.
Search Engine Palsu memiliki skema mengubah pengaturan komputer(browser) sesuai yang diinginkannya tanpa disadari sama sekali oleh si pengguna internet.

Cara lainnya, adalah dengan menumpang pada instalasi freeware dan shareware yang memasukkan Search Engine Palsu ke bundle mereka. Jadi pengguna perlu berhati-hati ketika mendownload dan menginstall sebuah program.

Saya sangat menganjurkan untuk menghapus Search Engine Palsu yang ada pada komputer atau laptop anda. Selain memperlambat fungsi sebuah browser, Search Engine Palsu ini didesain hanya untuk membawa pengguna yang tidak menyadarinya ke situs-situs berbahaya. Pengguna harus bijak dan tetap mengunakan Search Engine Terpercaya yang dapat dipertanggungjawabkan seperti Google, yahoo dan bing.

Berikut beberapa contoh Search Engine Palsu:

 sweet page,com

search.conduit.com

Istart.webssearches.com

websearch.fixsearch.info

Agar terhindar dari install secara otomatis Search Engine Palsu, maka sebaiknya Anda harus:
1. Selektif dalam menginstall software terutama program hasil download yang ilegal atau tidak bertanggung jawab.
2. Disarankan untuk memiliki Anti virus yang handal dan selalu di update baik yang Free maupun berbayar. Untuk yang berbayarpun sebenarnya harganya juga ada yang cukup terjangkau.
(dalam hal ini saya menggunakan Anti virus berbayar dengan Norton sekitar sembilan puluh ribu pertahun, cukup murah dibandingkan biaya untuk seorang yang perokok satu bungkus perhari).
3. Saya sarankan untuk menginstall add on gratis seperti Adblock plus, agar iklan-iklan penyusup tidak masuk dalam halaman-halaman web yang Anda buka.
4. Tidak membuka situs-situs berbahaya atau situs dewasa (porn) yang selalu disusupi dengan trojan, spyware, malware seperti mengatur dan merubah setingan pada komputer, membuat toolbar palsu yang tidak berguna, komputer bekerja semakin lambat, kadang mengarahkan kita kepada suatu produk dagangan tidak penting yang tidak kita inginkan, sehingga sangat mengganggu aktifitas kita sendiri, bahkan tak jarang malah merusak komputer kita sendiri.

Untuk menghapusnya kalau sudah terlanjur terinstall Search Engine Palsu ini dapat Anda hilangkan seperti dalam tutorial "Hapus Search Engine (Mesin Pencari) Palsu dengan Adware Cleaner"

Semoga bermanfaat...


Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda. Untuk mengetahui tata cara berlangganan blogamka lewat email Anda, silahkan klik disini

Artikel terkait...



1 comments:

x-shops said...

artikel nya sangat bermanfaat sekali gan.

mampir juga di blog saya gan x-shops69.com

Post a Comment