Cara Menampilkan Garis Bantu (Guidelines) Pada CorelDraw X3

Guidelines sebagai garis bantu yang terdapat pada CorelDRAW X3 digunakan untuk membantu Anda dalam menentukan besarnya objek, posisi dan perataan objek dengan tepat, serta membantu Anda saat menggambar objek dengan posisi dan perataan yang relatif terhadap objek lain.

Sebelum menampilkan garis bantu, terlebih dahulu Anda tentukan dahulu menentukan drawing unitnya, karena secara default CorelDraw menentukan unit dengan Inches, jika Anda terbiasa dengan centimeters atau milimeters, maka harus diganti dengan satuan yang biasa Anda lakukan.

Dalam contoh berikut saya menggunakan milimeters, caranya dengan mengubah drawing unit dengan milimeters.


Lalu setelah itu aktifkan Guidelines pada tool View


Lalu aktifkan juga Snap to Guidelines, agar setiap objek yang dibuat atau diletakkan akan dibantu untuk selalu dekat atau menempel pada garis bantu yang dibuat.


Kemudian klik View lalu menuju Guidelines Setup, dan akan tampil Options tentang pengaturan Guidelines.


Lalu pada Options yang tampil klik Guidelines dan klik Presets, setelah itu cecklist Basic Grid dan klik OK,


Maka akan tampil garis bantu sebagai panduan untuk membuat dan meletakkan objek sesuai dengan garis bantu yang Anda buat.


Sekarang Anda dapat membuat objek, misalnya rectangle sebesar garis bantu dan akan terlihat ukuran serta panduan garis biru yang menempel pada garis bantu.


Selamat mencoba….


Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda. Untuk mengetahui tata cara berlangganan blogamka lewat email Anda, silahkan klik disini


Artikel terkait...



1 comments:

Post a Comment