Cara Melacak Perubahan Pada Workbook

Dengan menghidupkan fitur Track Change pada Excel maka Excel akan memonitor aktivitas dari tiap orang yang melihat dan menyimpan kegiatan-kegiatan yang dilakukan.

Monitoring yang dilakukan dapat berupa cell yang di edit, baris dan kolom yang ditambah dan yang dihapus oleh user, dan bahkan Anda dapat melakukan filtering pada data tersebut, misalnya dicari berdasarkan tanggal, reviewer (yang melihat) aau lokasi worksheet.

Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

Buka workbook yang ingin Anda gunakan, dan pastikan worksheet aau workbook tidak dalam terkunci.


Lalu klik Review, klik Track Changes dan klik Highlight Changes


Selanjutnya muncul kotak dialog Highlight Changes

Klik check box pada Track Changes While Editing This also shares your workbook

Pada pilihan Where pilihlah range yang akan Anda amati perubahannya


Lalu klik OK

Kemudian akan muncul kotak konfirmasi bahwa workbook Anda akan disimpan kemudian klik OK


Bila Anda melakukan perubahan data pada cell akan terdapat komentar seperti berikut.


Pada data awal saya tulis Dwi Putri, lalu satu jam kemudian saya ganti dengan Dewi Putri seperti contoh gambar diatas.

Selamat mencoba...



Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda. Untuk mengetahui tata cara berlangganan blogamka lewat email Anda, silahkan klik disini



Artikel terkait...



2 comments:

msdani said...

wah bermanfaat sekali tips exel disini bos, kebetulan saya gaptek bgt kalo exel 2007 n 2010, bisanya yg lawas hehe, malu juga klo ditanyain temen yg minta diajarin hehe, thx bgt infonya om, ijin bokmark ya

am ka said...

silahkan mas..., tp maaf juga bulan juli ini banyak kesibukan, jd nggak banyak yg bisa saya posting nih...

Post a Comment