Langkah-langkah Membuat Ornamen

Ornamen adalah pola hias yang dibuat dengan digambar, dipahat, dan dicetak, untuk mendukung meningkatnya kualitas dan nilai pada suatu benda atau karya seni.

Ornamen juga merupakan perihal yang akan menyertai bidang gambar (lukisan atau jenis karya lainnya) sebagai bagian dari struktur yang ada didalam. (Susanto, 2003). Ornamen tidak hanya dimanfaatkan untuk menghias suatu benda/produk fungsional tapi juga sebagai elemen penting dalam karya seni (lukisan, patung, grafis), sedangkan teknik visualisasinya tidak hanya digambar seperti yang kita kenal selama ini, tapi juga dipahat, dan dicetak.

Dalam perkembangan selanjutnya, penciptaan karya seni ornamen tidak hanya dimaksudkan untuk mendukung keindahan suatu benda, tapi dengan semangat kreativitas seniman mulai membuat karya ornamen sebagai karya seni yang berdiri sendiri, tanpa harus menumpang atau mengabdi pada kepentingan lain.

Nah berikut adalah salah satu langkah-langkah dalam mewujudkan sebuah ornamen yang indah.

Pertama dalam membuat ornamen harus membuat pola terlebih dahulu, contohnya pola segi tiga


Lalu beri hiasan sesuai keinginan Anda


Setelah itu penuhi bidang segitiga tad dengan pola yang komplit, serta gandakan dan balikkan sehingga pola segi tiga tadi menjadi segi empat.


Setelah itu tambahkan sehingga menjadi pola yang beraturan


tambahkan hingga memenuhi bidang segi embat yang lebih besar


Hingga bertemu pola segi tiga tadi menjadi seperti pada langkah 15.


Seluruh bidang dapat Anda beri warna sesuai dengan yang Anda suka menurut kaidah-kaidah keindahan...


Ternyata membuat orname yang sangat rumit pun jika kita memahami langkah-langkahnya akan terasa mudah...., apalagi jika Anda mahir menggunakan program aplikasi pengolah gambar vektor (CorelDraw, Macromedia FreeHand maupun Adobe Illustrator), pola seperti diatas sangat mudah untuk dibuat berulang.


Selamat berkarya....



Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda. Untuk mengetahui tata cara berlangganan blogamka lewat email Anda, silahkan klik disini



Artikel terkait...



5 comments:

Anonymous said...

terimakasih atas materinya yang sangat membantu saya...

Anonymous said...

menarik,

simen said...

y

rendy said...

der

purnama purnama said...

Kebetulan hari ini saya ada praktik membuat gambar ornamen thanks gan

Post a Comment