Menyimpan dan Membuka File Excel 2010 Dengan Cepat

Jika Anda mempunyai file Excel yang berisikan data yang sangat kompleks dan banyak, sehingga kadang ketika dibuka menjadi lebih lambat, maka sebaiknya disimpan dalam file Excel Binary.

Biasanya Excel menyimpan file workbook dengan format standar yaitu Excel Workbook (.xlsx) dan Excel Macro Enabled Workbook (.xlsm), tetapi pada Excel versi 2010 mengalami kemajuan dalam pembacaan dan penulisan format yaitu xml.

Akan tetapi bila workbook Anda memiliki area kerja yang besar (kompleks) dan banyak menggunakan data serta rumus-rumus maka pemilihan standar file format biasa akan membuat penyimpanan dan penulisan file menjadi sedikit lebih lama.

Oleh karena itu untuk lebih mempercepat dan mempermudah Excel melakukan penyimpanan dan penulisan ke file tersebut digunakan format Excel Binary Workbook.

Untuk menyimpanan dan membuka workbook dengan cepat, langkahnya adalah:

Buka file Excel yang memiliki data yang banyak dan menggunakan rumus yang rumit.

Kemudian klik ribbon File, lalu klik Save As maka akan muncul kotak dialog Save As


Lalu pada Save As Type ganti dengan Excel Binary Workbook (.xlsb)


Kemudian klik tombol Save, Excel akan menyimpan dalam file dengan format binary.


Maka setelah langkah diatas selesai, file yang Anda simpan akan dapat dengan mudah terbuka.

Selamat mencoba...



Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda. Untuk mengetahui tata cara berlangganan blogamka lewat email Anda, silahkan klik disini



Artikel terkait...



1 comments:

Nyoman Somiarta said...

Tambahan ilmu lagi ni.

Untuk informasi mengenai cara belajar SEO yang benar bisa dilihat di http://www.computer-course-center.com/belajar-komputer.html

Post a Comment