Fungsi Vlookup dengan Sel Kosong Pada Excel

Penggunaan fungsi Vlookup pada Microsoft Excel akan menghasilkan nilai 0, apabila kunci pencarian dalam nomor indeks kolom merupakan sel kosong.

Langkah berikut dapat Anda gunakan untuk menggantikan nilai 0 dengan teks yang Anda buat sendiri

Buka file yang akan diganti nilai 0 menjadi kosong atau bisa juga menjadi teks, seperti contoh berikut (Anda dapat mendownload file latihannya disini)


Lalu pada sel D4 tulislah rumus =VLOOKUP(C4;$F$4:$G$10;2) dan tekan Enter,


Kemudian drag kebawah dari sel D4 hingga sel D10, maka pada sel D7 akan menampilkan nilai 0, dikarenakan pada data referensi pada kode JKT tidak ada data pembandingnya.


Agar sel pada data yang kosong tidak menampilkan nilai 0, maka gantilah rumus =VLOOKUP(C4;$F$4:$G$10;2) menjadi =IF(LEN(VLOOKUP(C4;$F$4:$G$10;2))=0;" ";VLOOKUP(C4;$F$4:$G$10;2)) lalu Enter.


Maka pada sel D7 tidak akan menampilkan nilai 0 tetapi hanya berupa sel kosong.


Semoga bermanfaat…


Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda. Untuk mengetahui tata cara berlangganan blogamka lewat email Anda, silahkan klik disini


2 comments:

  1. Asalam mualaikum . .
    mau tanya mas Amka , Bagaimana Caranya Menggunakan Rumus Vlookup , yang file datanya berbeda tempat yaitu di data D dan Server , Mohon Solusinya . Terimakasih

    ReplyDelete
  2. gan Parlin Yulianto, kl datanya beda folder atau beda partisi juga bisa, contohnya saya punya data di my doc dan saya linkkan ke D:/ contoh rumusnya seperti berikut =VLOOKUP(G3;[datavlookupku.xlsx]Sheet1!$B$4:$T$20;2), nama file data bernama datavlokupku di my doc sheet1, sementara isian vlookupnya di D://

    ReplyDelete