Cara Membuat Warna Baris Data Berselang-seling Pada Excel

Salah satu cara untuk membuat pembacaan data lebih mudah dalam Excel adalah dengan membuat bayangan background (warna) pada tiap-tiap barisnya berselang-seling warnanya.

Jadi deretan urutan barisnya mudah dikenali dalam pembacaannya. Hal ini dapat mempermudah apabila data tiap baris terdapat data yang banyak serta terdiri beberapa angka yang hampir mirip. Seperti contoh daftar siswa berikut ini:

Langkah-langkah membuatnya sebagai berikut:

Buka data Excel Anda yang akan dibuat warna pada baris data berselang-seling.

Sorot seluruh range yang berisi data yang akan diberi warna berselang-seling.


Lalu pada menu Home pilih Conditional Formating

Pada dialog yang terbuka pilih New Rule.


Pada dialog box berikutnya pilih "Use a formula to determine whichcells to format"

Pada formula bar ketikkan formula berikut :

=MOD(ROW();2)<>0 


Lalu klik tombol Format untuk membuka dialog format cell nya.

Pilih menu Fill dan tentukan kondisi warna selang yang di inginkan. Dalam contoh saya pilih warna orange muda, lalu klik OK


Maka akan tampak satu sample format kondisi warna yang disetting tadi, seperti tampak pada gambar ,

Klik OK untuk mengkonfirmasi dan menutup dialog.

Warna baris data tersebut tidak akan hilang atau terhapus saat Anda menghapus isi data pada range tersebut. Juga saat anda menyisipkan baris baru ataupun menghapus sebagian baris datanya. 


Selamat mencoba...



Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda. Untuk mengetahui tata cara berlangganan blogamka lewat email Anda, silahkan klik disini


15 comments:

  1. master,... biar blog/web nya makin rame pengunjung, ikutan banner exchange aja. gratis traffic ke website/blog anda setiap hari dari segala arah secara otomatis. ayo join di :

    www.MitraBanner.com
    www.MitraBanner.com
    www.MitraBanner.com

    ReplyDelete
  2. Blog yang bagus banget, salam kenal dari Lampung...

    ReplyDelete
  3. Saya yg diujung timur pulau sumbawapun senang ke blog ini.... trims....

    ReplyDelete
  4. trims, atas ilmunya

    ReplyDelete
  5. thanks a lot for infromation, very useful and broaden,, ... greeting success !! :-)

    ReplyDelete
  6. Maaf gan kok saya nggak bisa ya?

    bagi yang berminat belajar komputer administrasi bisnis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/komputer-aplikasi-bisnis-dan-administrasi-perkantoran.html

    ReplyDelete
  7. Gak berhasil ee mas... gimana? Solusi donk...

    ReplyDelete
  8. sebaiknya dijelaskan kenapa format =MOD(ROW();2)<>0 ini seperti ini,jadi bisa menyesuaikan

    ReplyDelete
  9. RUMUSNYA salah min harusnya format =MOD(ROW(),2)<>0. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap komputer settingnya berbeda ada yang menggunakan ; atau , ketika mengetikan rumus di excel

      Delete
  10. Penggunaan ; atau , tergantung settingan komputer masing-masing

    ReplyDelete
  11. sama aja ratu. Perintah pemisah itu adalah pemakaian tergantung setting regional komputer anda.

    ReplyDelete
  12. Ok Siip bisa diterima dan diamalkan ...

    ReplyDelete