Cara Menggunakan Formula Dalam Tabel Ms. Word

Meskipun Ms. Word tidak didesain untuk mengolah angka, setidaknya Word juga mampu mengolah perhitungan rumus sederhana.

Data pada tabel bisa terdiri dari angka dan teks, untuk itu Anda perlu memahami cara membaca kolom dan baris pada tabel untuk mempermudah menggunakan formula, yaitu setiap tabel yang dibuat pada Word.

Setiap kotak pada tabel akan menjadi sel seperti pada lembar kerja Excel, yang merupakan gabungan dari kolom (A, B, C, dst) dan baris (1,2, 3, dst).


Untuk kolom pertama (A) dan baris 1 disebut sel A1, kolom kedua (B) dan baris 2 disebut sel B2, dan seterusnya

Nah untuk penggunaan formula pada tabel di word tidak hanya terbatas pada penjumlahan (SUM), tetapi juga dapat mencari rata-rata (AVERAGE), nilai tertinggi (MAX), nilai terendah (MIN) dan lainnnya.

Contoh penggunaan fungsi Average, Max dan Min pada tabel di Word

Buat tabel seperti contoh berikut:


Lalu buat formula untuk isian Jumlah Nilai dengan rumus =SUM(LEFT), dengan meletakkan kursor di sel yang akan dijumlahkan lalu klik Layout dan pilih Formula


Untuk membuat Nilai Rata-rata (R2) menggunakan rumus =Average(C3:E3), dengan asumsi bahwa Ulangan harian 1 pada sel C3, ulangan harian 2 pada sel D3 dan ulangan harian 3 pada sel E3, danformula dibawahnya dengan rumus =Average(C4:E4) dan seterusnya.


Untuk membuat Nilai tertinggi (Max) dengan rumus =Max(C3:E3)


Untuk membuat Nilai terendah (Min) dengan rumus =Min(C3:E3)


Sehingga secara keseluruhanakan didapa tabel Wordyang memiliki Nilai dengan menggunakan formula


Selamat mencoba....


Tuliskan email Anda jika ingin berlangganan, sehingga setiap ada tulisan terbaru dari blog ini akan langsung terkirim ke alamat email Anda. Untuk mengetahui tata cara berlangganan blogamka lewat email Anda, silahkan klik disini



8 comments:

  1. jalan-jalan silaturahmi sambil cari ilmu
    tutorialnya luengkap
    terimakasih

    ReplyDelete
  2. Smoga selalu betah jalan-jalan ke sini, terima kasih

    ReplyDelete
  3. Manfaat bgt..
    matur nuwon...

    ReplyDelete
  4. klau cara penggunaan rumus logika di word gimana??
    contoh soal jika >85 maka predikat a

    ReplyDelete
  5. untuk copy formula dari baris pertamana gimana?
    supaya baris berikut nya tidak mengetik lagi. trims

    ReplyDelete
  6. Terimakasih atas ilmunya. Bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  7. Terimakasih atas ilmunya. Bermanfaat banget.

    ReplyDelete