Mengunci cells di dalam Excel berguna untuk mengamankan data yang terdapat dalam cells tersebut agar tidak bisa diubah orang lain. Untuk mengunci data pada excel 2007, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Tentukan kolom/baris/sel mana yang ingin anda kunci
2. Tandai kolom/baris/sel tersebut
3. Pilih menu Home, kemudian klik format yang ada pada grup Cells, pilih Format Cells.
4. Pastikan menu Protection sudah ditampilkan
5. Hilangkan tanda ceklist pada kotak Locked, seperti pada gambar dibawah ini;
6. Klik OK, untuk menutup kotak dialog.
7. Pilih Protection dari dialog Protect Sheet,
8. Lalu buat password pada kotak “password to unprotect sheet”,
9. Isi kembali paswword yang sama dalam kotak confirmasi.. lalu klik OK.,
Nah sekarang sheet anda telah di proteksi dan hanya cells tertentu saja yang dapat orang lain mengisi sel tersebut.
Selamat mencoba….
Terima kasih banyak mas amka atas Tutorialnya
ReplyDeletemantab gab tutornya, makasih..
ReplyDeleteMas satrya dan mas Arif Pri, makasih atas kunjungannya..., salam
ReplyDeletepak, kalau lupa password, ada cara utk buka cell terprotect ga?
ReplyDeleteBuat mas Ahmad, pertanyaan Anda sudah saya posting di sini
ReplyDeleteMantap nih infonya,,
ReplyDeleteijin share ya gann :)
bloginformatika.com
Silakan mas Admin BI, dishare saja...
ReplyDeleteWaduh tutornya sangat membantu sekali Mas AmKa...
ReplyDeleteSingkat, padat, dan mudah dipahami...
Sukses selalu mas AmKa blognya... :) :)
Makasih mas Tarlan atas kunjungannya, semoga harapannya juga begitu, penyajikan di blog ini disertai gambar dan sudah diuji di dapur blogamka...
ReplyDelete